Kabupaten Haltim Gelar Deklarasi Damai Pilgub Malut Tahun 2018

HALMAHERA TIMUR

BAGIKAN INFORMASI

Halmahera Timur – Bertempat di pendopo jiko mobon Desa Soagimalaha Kecamatan Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur, telah dilaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu dengan agenda “Deklarasi tolak dan lawan Politik uang serta politisasi sara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Malut tahun 2018, Pemilihan DPD, DPR, DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Rabu (14/02/2018).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Ir. Muh Din Hi. Mabud, Ketua Panwas Haltim Suratman Kadir, Komisioner Panwas Haltim Devisi Pengawasan Lutfi Rabbo, Kasek Panwas Haltim M. Sofyan, Bendahara Panwas M. Ikbal Marsaoly, Staf Panwas Haltim, Panwascam Kecamatan Kota Maba, Kabag Ops Polres Haltim AKP M. Nasaruddin Haya, KBO Sat Intelkam Polres Haltim Sri Hartanto, Perwakilan Partai Politik, Unsur SKPD Kab. Haltim, Komisioner KPUD Haltim Mamat Djalil, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panwaslu Kab. Haltim Suratman Kadir mengatakan, bahwa deklarasi tolak politik uang dan politisasi sara ini merupakan salah satu dari 7 Program Prioritas Bawaslu RI yg mana pada hari ini dilaksanakan secara serentak.

Lanjut Ketua Panwaslu, Tahapan pelaksanaan kampanye akan segera dimulai sehingga hari ini Panwaslu Kab. Haltim melaksanakan kegiatan deklarasikan tolak politik uang dan politisasi sara bersama dengan Stakeholder Kab. Haltim, KPUD Haltim, Partai Politik dan Para tokoh-tokoh berpengaruh.

Bahwa kegiatan ini bertujuan agar para peserta politik tidak lagi melakukan politik uang dan politisasi sara. Dan marilah kita bersama-sama menjaga pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Kab. Haltim berjalan dengan aman dan lancar, ucap Ketua Panwaslu Surat man Kadir.

Komisioner KPUD Haltim Mamat Djalil mengatakan, sangat mengaprisiasikan kepada panwaslu Kab. Haltim karena telah melaksanakan kegiatan Deklarasi ini.

Mamat Djalil mengharapkan kepada peserta pemilu agar tidak melakukan politik uang serta mengajak seluruh stakeholder, partai politik dan masyarakat agar bersama-sama dengan penyelenggara Pemilu untuk menjaga jalannya Pemilu Gubernur di Kab. Haltim

KPUD Kab. Haltim akan mengawal jalannya Pemilihan Gubernur di Kab. Haltim, tegas Komisioner KPUD Kab. Haltim Mamat Djalil.

Wakil Bupati Haltim Ir. Muhdin Hi. Mabud mengatakan, sangat berterima kasih kepada panwaslu haltim atas kinerjanya dalam menjaga pilkada.

Dengan adanya kegiatan ini Mengharapkan kepada ASN agar tidak terlibat dalam politik. Dan tidak lagi adanya politik uang khususnya di Kab. Haltim serta mengharapkan kepada para politisi agar tidak mengangkat isu sara dalam berpolitik, ucap Wakil Bupati Haltim Ir. Muhdin Hi. Mabud

Wakil Bupati Haltim mengharapkan kepada seluruh masyarakat, partai politik bersama-sama dengan penyelenggara Pemilu dalam menjaga jalannya Pemilu di Kab. Haltim berlangsung dengan damai.

Pada deklarasi tersebut, terdapat point – point yang diutamakan sebagai berikut :

1. Mengawas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dari praktek politik uang dan sara karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

2. Tidak menggunakan politik uang dan sara sebagai sarana meraih simpati pemilih karena mencederai integritas dan kedaulatan rakyat.

3. Mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan program kerja dan bukan karena politik uang dan sara.

4. Mendukung kerja-kerja pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan sara yang dilakukan oleh Lembaga Pengawas Pemilu.

5. Tidak akan melakukan intimidasi, kekerasan atau aktivitas dalam bentuk apapun juga yang dapat mengganggu proses penanganan pelanggaran politik uang dan sara.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close