Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kieraha 2017 Polres Halmahera Timur Diikuti oleh 10 Pleton Peserta

BAGIKAN INFORMASI

Halmahera Timur – Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 yang serentak diadakan di seluruh Indonesia juga telah dilaksanakan oleh Polres Halmahera Timur tadi pagi Kamis (21/12) pukul 09.00 WIT.

Operasi Lilin Kieraha 2017 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Halmahera Timur AKBP Driyano Andri Ibrahim, S.H., S.Ik. ini mengangkat tema “KITA TINGKATKAN SINERGITAS POLRI DENGAN INSTANSI TERKAIT GUNA MEMBERIKAN RASA AMAN DAN NYAMAN KEPADA MASYARAKAT PADA PERAYAAN NATAL 2017 DAN TAHUN BARU 2018”.

Upacara yang diikuti oleh Ketua DPRD Kab. Haltim, Asisten III kab Haltim, Para Perwira Polres Haltim, Para kapolsek jajaran, Danramil Kec. Maba, Kasat Pol pp Kab. Haltim, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Haltim, Kepala Puskesmas Kec. Maba, Pimpinan PT. Antam tbk Malut, Para Kades Kec. Maba, Para toko Agama dan Tokoh Masyarakat Kec. Maba, Para peserta Apel yakni 1 pleton TNI koramil Maba, 4 peleton Polres Haltim, 1 peleton Sat Pol PP Kab. Haltim, 1 peleton Perhubungan Kab Haltim, 1 peleton Security, 1 pleton Pramuka dan 1 pleton siswa SMA 1 Kab Haltim ini di komandani oleh Kasat Lantas Polres Haltim AKP Safrudin Djafar.

Dalam Apel Gelar pasukan ini Kapolres Haltim membacakan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yg isinya antara lain;

  • Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujutkan situasi kamtibmas yg aman dan kondusif.
  • Beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan bahan pokok serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait pelayaan Natal seperti aksi sweeping oleh Ormas.
  • Sebelum gelar pasukan Operasi Lilin 2017 ini dilaksanakan, Polri didukung oleh TNI serta Stakeholders lainnya, seperti Kemenhub, Kemenpurera, Kemenkes, Pertamina dan Jasa Marga yang telah melaksanakan rapat koordinasi utk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik.
  • Untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, polri bersama dengan Kementan, Kemendag, Kemenperin, Badan POM, KPPU dan Perum Bulog, telah melaksanakan langkah-langkah preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok, upaya tersebut akan terus dilaksanakan sepanjang pelaksanaan Operasi Lilin 2017.
  • OperasiLilin akan dilaksanakan terhitung mulai 23 Des 2017 s/d 1 Jan 2018, dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelejen dan penegakan hukum. Operasi ini melibatkan 170.304 personel yang terdiri dri 90.057 personel Polri, 20.070 personel TNI dan 60.177 personel dari Instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya.
  • Gabunganpersonel ini hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan Tahun Baru khususnya di tempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata pusat perbelanjaan serta fasilitas transportasi yang akan digunakan seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan dan bandara.‌
  • ‌Diseluruhtempat tersebut telah dibangun 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan yang tergelar di seluruh wilyah indonesia.

Terdapat beberapa hal yang perlu ditekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personel yang bertugas adalah sebagai berikut;

  • ‌Petakan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.
  • Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah dan tempat lainnya.
  • Lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh ormas bila tetap terjadi lakukan tindakan tegas yang profesional.
  • Optimalkan penggelaran anggota ditengah masyarakat lakukan terobosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan laka lantas.
  • Maksimalkan peran Satgas Pangan di masing-masing daerah guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait.
  • Perkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholders untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain apel gelar pasukan, Kapolres Haltim juga memberikan Kado Natal kepada jajarannya yang beragama Nasrani sebagai rasa suka cita menyambut Natal.

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close